Tour de Singkarak adalah ajang balap sepeda bertaraf Internasional yang merupakan perpaduan atraktif antara promosi pariwisata dan olahraga yang diselenggarakan di Sumatera Barat. Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International) yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat. Kejuaraan Tour de Singkarak dilaksanakan sejak tahun 2009 sebagai event tahunan. Pada tahun 2016 ini Tour de Singkarak kembali dilaksanakan untuk ke-8 kalinya dengan penanganan
yang lebih professional untuk taraf Internasional.

Tour de Singkarak 2016 akan menempuh 8 Etape, dengan melalui 16 Kabupaten kota Dan total jarak 1102,7 km Tour de Singkarak 2016 sebagai salah satu kejuaraan balap sepeda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional / UCI (Union Cycliste Internationale) di kelas 2.2 Asia our.

Tour de Singkarak 2016

Tour de Singkarak 2016 adalah edisi yang ke 8 dari Tour de Singkarak Event balap sepeda Internasional yang di mulai pertama kali tahun 2009 hingga kini telah berkembang semakin baik dengan prestasi sebagai berikut:

  1. BERHASIL MEMPOPULERKAN SUMATERA BARAT SEBAGAI DAERAH TUJUAN WISATA DITANDAI DENGAN KENAIKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DALAM 4 TAHUN TERAKHIR.
  2. TOUR DE SINGKARAK MENJADI SALAH SATU EVENT BALAP SEPEDA YANG BERGENGSI DAN TERFAVORIT DI ASIA
    (sumber: ACC Asian Cycling Confederation )
  3. MENJADI MAGNET YANG LUAR BIASA BAGI KALANGAN MEDIA MASSA LOKAL, DOMESTIK MAUPUN INTERNASIONAL
  4. TOUR DE SINGKARAK MENJADI PERINGKAT KE 5 EVENT BALAP SEPEDA DENGAN JUMLAH PENONTON TERBANYAK
    ( sumber: UCI Union Cycliste Internationale,ASO Amauri Sport Organisation )