Assalamu Alaikum Wa Rahmatullahi Wa Barakatuh. Salam Sejahtera bagi Anda sekalianMenteri Pariwisata Republik Indonesia

Merupakan sebuah kebanggaan kita semua, bahwa Tour De Singkarak yang telah dirintis sejak tahun 2009 hingga tahun 2016 ini telah diakui secara internasional dan menjadi agenda resmi tahunan dari organisasi balap sepeda dunia ( Union Cycliste Internationale), serta banyak diminati oleh banyak team balap sepeda yang berkualitas.

Perpaduan antara event promosi pariwisata dan olahraga prestasi dalam bentuk lomba balap sepeda internasional, terbukti telah memberikan kontribusi yang besar bagi percepatan pertumbuhan dan pengembangan wilayah dan pengembangan kepariwisataan di wilayah kabupaten / kota di Sumatera Barat.

Selama 7 tahun terakhir ini kita dapat melihat peningkatan luar biasa pembangunan infra struktur, sarana prasarana, usaha, dan fasilitas pariwisata di berbagai daerah di Sumatera Barat, demikian juga peningkatan arus kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat terus menunjukan peningkatan dari tahun ke tahun.

Beberapa kali di wilayah penyelenggaraan tour de singkarak mengalami terpaan bencana gempa bumi, namun Tour De Singkarak bisa menjadi salah satu akselerator pemulihan ekonomi Sumatera Barat.

Dengan gambaran kontribusi dan pencapaian tersebut, maka saya berkeyakinan bahwa Tour De Singkarak yang saat ini telah menjadi kekuatan dan pilar yang sangat strategis bagi Sumatera Barat, maka ke depan pun akan menjadi instrumen yang memiliki dampak besar untuk pengembangan regional wilayah ini dan provinsi-provinsi sekitarnya.

Untuk meningkatkan profesionalitas penyelenggraaan Tour De Singkarak sebagai event berkelas dunia, maka sejak tahun 2012 lalu melalui kerjasama dengan pihak Amaury sport organization ( ASO ) yang tidak lain adalah organizer Tour De France. Melalui dukungan dan kerjasama tersebut, maka standar penyelenggaraan dan dukungan infrastruktur setiap tahun semakin ditingkatkan sehingga event Tour De Singkarak ini akan semakin sejajar dengan event balap sepeda kelas dunia yang telah berlangsung lebih dari seratus tahun tersebut.

Tour de singkarak 2016 akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai dengan 14 agustus 2016, dimana akan dimulai atau start dari Dermaga Danau Singkarak Kabupaten Pesisir Selatan, selanjutnya akan melintasi 16 Kabupaten / Kota di provinsi Sumatera Barat dan akan berakhir di kota Padang, Ibukota provinsi Sumatera Barat. Peserta yang ambil bagian dalam kegiatan ini terdiri dari 6 tim nasional Indonesia dan 19 tim internasional yang berasal dari 36 negara.

Saya mengajak semua pihak, seluruh jajaran di tingkat pusat dan daerah, pihak swasta, media dan masyarakat luas untuk membantu menyukseskan penyelenggaraan Tour De Singkararak tahun 2016 supaya semakin sukses sebagai event dunia.

Menteri Pariwisata Republik Indonesia
Dr.Ir.Arief Yahya,Msc